Rabu, 11 Januari 2012

RPP IPS


BAB I
PENDAHULUAN

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.  Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam
RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat tujuan pembelajaran, materi membelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian. Oleh karena itu dalam makalah ini kami membahas tentang langkah-langkah pembuatan RPP.


















BAB II
PEMBAHASAN

Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A.      Mencantumkan identitas
·      Nama sekolah
·      Mata Pelajaran
·      Kelas/Semester
·      Standar Kompetensi
·      Kompetensi Dasar
·      Indikator
·      Alokasi Waktu

Catatan:
Ø RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
Ø Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
Ø Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

B.       Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

C.      Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

D.      Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
E.       Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
 
F.       Mencantumkan  Sumber Belajar
Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

G.      Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat ituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.
CONTOH: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                         : SMP Negeri 1 Mojokerto

Mata Pelajaran              : IPS
Kelas / Semester           :  VII / 2
  Pokok Bahasan             : Perkembangan Masyarakat Masa Hindu Budha sampai masa Kolonial Eropa
Standar Kompetensi     :5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa   Hindu-Budha sampai masa kolonial Eropa
Kompetensi Dasar        :5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan -peninggalannya
Indikator         :
1.      Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya  agama   Hindu dan Buddha di Indonesia
2.      Menjelaskan teori masuknya Hindu-Budha ke Indonesia
3.      Mengkaji teori yang paling mendekati kebenaran tentang proses masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia
4.      Menyebutkan kerajaan Hindu pertama di Indonesia beserta bukti tertulis
5.      Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur budaya Hindu Buddha di Indonesia
6.      Mendeskripsikan peranan Sriwijaya sebagaii kerajaan maritime terbesar dinusantara.
7.      Mendeskripsikan kaitan antara kerajaan singosarii dengan kerajaan Mojopahit.
8.      Mendeskripsikan tentang upaya penyatuan nusantara oleh Gajah Mada  pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.
9.      Mendiskusikan pengaruh Hindu Budha terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia
10.  Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
11.  Mengidentifikasi karya sastra peninggalan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
12.  Mengidentifikasi sumber-sumber sejarah kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
13.  Mengidentifikasi peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah
Alokasi Waktu              :  6  x 40 (3 kali pertemuan)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelejaran diharapkan siswa dapat:
1.      Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia
2.      Menjelaskan teori masuknya Hindu-Budha ke Indonesia
3.      Mengkaji teori yang paling mendekati kebenaran tentang proses masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia
4.      Menyebutkan kerajaan Hindu pertama di Indonesia beserta bukti tertulis
5.      Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur budaya Hindu Buddha di Indonesia
6.      Mendeskripsikan peranan Sriwijaya sebagaii kerajaan maritime terbesar dinusantara.
7.      Mendeskripsikan kaitan antara kerajaan singosarii dengan kerajaan Mojopahit.
8.      Mendeskripsikan tentang upaya penyatuan nusantara oleh Gajah Mada  pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.
9.      Mendiskusikan pengaruh Hindu Budha terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia
10.   Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
11.  Mengidentifikasi karya sastra peninggalan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
12.  Mengidentifikasi sumber-sumber sejarah kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
13.  Mengidentifikasi peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Proses masuk dan berkembangnya Hindu-Budha ke Indonesia
2.      Teori masuknya Hindu-Budha ke Indonesia
a.       Teori Brahmana
b.      Teori Ksatria
c.       Teori Waisya
3.      Teori Arus balik
4.      Kerajaan Kutai dan  sumber-sumber tertulisnya
5.      Peta persebaran pengaaruh Hindu Budha di Indonesia
6.      Peranan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim terbesar di nusantara
7.      Kaitan antara Kerajaan Singosari dan Majapahit.
8.      Upaya penyatuan nusantara oleh Gajahmada dan Hayam Wuruk
9.      Pengaruh Hindu Budha terhadap kehidupan masyarakat
10.  Kronologi perkembangan kerajaan Hindu Budha
11.  Hasil karya sastra yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia
12.  Sumber-sumber sejarah kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
13.  Peninggalan sejarah Kerajaan bercorak Hindu-Budha di Indonesia

C.    METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
2.      Diskusi kelompok
3.      Observasi
4.      Tugas Terstruktur
5.      Pendekatan: CTL

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
1
1. Pendahuluan
a.    Pemberian salam
b.    Menyampaikan tujuan
c.    Apersepsi menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan Hindu Budha


2. Kegiatan Inti
a.    Menceritakan kembali proses masuk dan berkembangnya Hindu Budha di Indonesia.
b.   Menjabarkan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia
c.    Membuat kesimpulan teori yang paling mendekati kebenaran tentang proses masuk dan berkembangnya Hindu Budha di Indonesia
d.   Menyebutkan kerajaan Hindu pertama di Indonesia beserta bukti tertulis


e.  Penutup
a.       Kesimpulan
b.      Refleksi
c.       Evaluasi


2
1. Pendahuluan
a.       Pemberian salam
b.      Menyampaikan tujuan
c.    Apersepsi menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kerajaan Hindu Budha di Indonesia


2. Kegiatan Inti
a.    Menyebutkan dengan menunjuk pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Budaya Hindu Budha di Indonesia
b.   Menceritakan kembali peranan Sriwijaya sebagai kerajaan besar dinusantara.
c.    Menyimpulkan kaitan antara kerajaan singosarii dengan kerajaan Mojopahit.
d.   Menjelaskan tentang upaya penyatuan nusantara oleh Gajah Mada  pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.
e.    Mempresentasikan hasil diskusi pengaruh Hindu Budha di Indonesia.



3. Penutup
a.       Kesimpulan
b.      Refleski
c.       Evaluasi


3
1. Pendahuluan
a.    Pemberian salam
b.    Menyampaikan tujuan
c.    Apersepsi menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kerajaan Majapahit.


2. Kegiatan Inti
a.          Membuat peta konsep urutan perkembaangan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
b.         Membuat tabel klasifikasi hasil karya sastra peninggalan Hindu Budha di Indonesia
c.          Membuat tabel pengelompokan sumber-sumber sejarah kerajan Hindu-Budha di Indonesia
d.         Membuat tabel pengelompokan hasil peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu Budha di berbagai daerah di Indonesia.


3. Penutup
a.       Kesimpulan
b.      Refleksi
c.       Evaluasi



E.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku IPS Terpadu kelas VII untuk SMP, Penerbit Erlangga, Ganesa, Balaii Pustaka, Tiga Serangkai, Yudistira.
2.      Atlas sejarah / peta sejarah
3.      Gambar-gambar candi di Indonesia

F.     PENILAIAN
a. Teknik                           : Tertulis
b. Bentuk Instrumen         : Subyektif Test

K.D

Indikator
Penilaian Tertulis

5.1
1

2

3



4

5

6

7

8


9

10


11

12


13


1.     Jelaskan  proses masuk dan berkembangnya Hindu Budha di Indonesia.
2.     Jelaskan  teori masuk dan berkemangnya Hindu-Budha di Indonesia
3.     Buatlas sebuah  kesimpulan teori yang paling mendekati kebenaran tentang proses masuk dan berkembangnya Hindu Budha di Indonesia
4.     Sebutkan  kerajaan Hindu pertama di Indonesia beserta bukti tertulis
5.     Sebutkan  daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Budaya Hindu Budha di Indonesia
6.     Jelaskan  kembali peranan Sriwijaya sebagai kerajaan besar dinusantara.
7.     Jelaskan  kaitan antara kerajaan singosarii dengan kerajaan Mojopahit.
8.     Jelaskan  tentang upaya penyatuan nusantara oleh Gajah Mada  pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.
9.     Jelaskan  pengaruh Hindu Budha di Indonesia.
10. Buatlah  peta konsep urutan perkembaangan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
11. Buatlah  tabel klasifikasi hasil karya sastra peninggalan Hindu Budha di Indonesia
12. Buatlah tabel pengelompokan sumber-sumber sejarah kerajan Hindu-Budha di Indonesia
13. Buatlah tabel pengelompokan hasil peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu Budha di berbagai daerah di Indonesia.



BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
            Sebagai seorang guru yang profesional, guru harus membuat atau mempersiapkan rencana pelaksanaan pembalajaran (RPP) sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) adapun langkah-langkah dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut:
1.      Mencantumkan identitas
2.      Mencantumkan tujuan pembelajaran
3.      Mencantumkan materi pembelajaran
4.      Mencantumkan metode pembelajaran
5.      Mencantumkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
6.      Mencantumkan sumber belajar
7.      Mencantumkan penilaian















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar