Rabu, 11 Januari 2012

IPS. KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA

BAB I
PENDAHULUAN

               Negara Indonesia terletak di wilayah Asia Tenggara. Oleh karena itu, Indonesia mempunyai negara-negara tetangga seperti Thailand, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Timor Leste, Filipina, dan Papua Nugini. Di semua wilayah negara-negara tetangga tersebut terdapat kenampakan alam misalnya sungai, laut, gunung, dataran rendah, dan sebagainya. Kenampakan alam yang terdapat di suatu wilayah akan memengaruhi keadaan sosial di wilayah tersebut. Kenampakan alam yang terdapat di negara-negara tetangga akan berbeda-beda, sehingga keadaan sosial di negara-negara tetangga akan berbeda-beda pula.
               Selain negara-negara di wilayah asia tenggara dalam makalah ini kami juga akan menjelaskan tentang negara-negara besar yang terdapat di beberapa benua. Negara besar tidak selalu berarti negara yang memiliki wilayah kekuasaan yang luas atau memiliki penduduk yang banyak. Wilayah kekuasaan yang luas dan jumlah penduduk yang besar memang merupakan potensi tersendiri bagi suatu negara dalam melaksanakan pembangunan. Tetapi perlu diketahui bahwa wilayah kekuasaan yang luas dan jumlah penduduk yang besar saja tidak cukup bagi suatu negara untuk menjadi negara yang besar. Suatu negara dapat dikatakan sebagai negara besar jika telah berhasil mencapai kemajuan, baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik, pendidikan, kebudayaan, pertahanan, dan keamanan, ilmu pengetahuan dan teknologi dan sebagainya.
               Disetiap benua terdapat beberapa negara besar. Seperti Jepang, Cina, dan India (Benua Asia), Mesir, Aljazair, dan Republik Afrika Selatan (Afrika), Inggris dan Perancis (Benua Eropa), Amerika Serikat, Kanada, dan Brazil (Benua Amerika), serta Australia.

BAB II
PEMBAHASAN
A.      KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA
               Malaysia
a.       Keadaan Sosial
     Malaysia adalah sebuah negara kerajaan dengan ibu kota Kuala Lumpur. Luas wilayah negara malaysia secara keseluruhan mencapai 330.434 km2.  Secara geografis, wilayah tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu malaysia barat yang terdiri dari seelas negara bagian dan malaysia timur yang terdiri dua negara bagian.
     Pada tahun 1957 Malaysia memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. Pemerintahan Malaysia berbentuk Monarkhi konstitusional yaitu kerajaan yang berdasarkan undang-undang. Kepala negara Malaysia adalah raja dan bergelar Yang Dipertuan Agung. Adapun Raja Yang Dipertuan Agung adalah hasil pemilihan dari salah satu di antara sembilan raja dari negara-negara bagian. Negara-negara bagian tersebut yaitu Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Trengganu, Serawak, dan Sabah. Sedangkan kepala pemerintahan Malaysia adalah seorang perdana menteri.

     Penduduk asli Malaysia adalah orang Melayu.  Jumlah orang Melayu merupakan bagian terbanyak dari jumlah penduduk Malaysia. Penduduk lainnya terdiri atas keturunan Cina, India, Pakistan, Sri Lanka, dan Bangladesh. Jumlah penduduknya 23.275.000 jiwa. Bahasa resmi Malaysia adalah bahasa Malaysia (Melayu). Bahasa keduanya adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris tersebut banyak dipergunakan dalam dunia usaha dan pemerintahan. Bahasa lainnya adalah Mandarin dan Tamil yang juga dipergunakan dalam pergaulan sehari-hari. Penduduk Malaysia mayoritas beragama Islam. Penduduk Malaysia diberi kebebasan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Mata pencaharian penduduk Malaysia adalah pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertaniannya menghasilkan karet, minyak sawit, kopra, teh, cokelat, lada, dan padi. Pertambangannya menghasilkan bijih timah (terbesar di dunia), bauksit, bijih besi, dan minyak bumi. Industrinya menghasilkan barang dari baja dan barang-barang elektronik.
b.      Keadaan alam
Malaysia termasuk negara yang beriklim tropis. Keadaan alamnya tidak jauh berbeda dengan indonesia yakni terdiri dari gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, pantai, tanjung, selat dan laut. Wilayah bagian barat negara Malaysia adalah Semenanjung Malaka, yang terdiri dari sebelas negara bagian, meliputi Kedah, Perlis, Perak, Kelantan, Selangor, Malaka, Negeri Sembilan, Johor, Penang, Trengganu, dan Pahang. Di wilayah ini terdapat beberapa rangkaian pegunungan, dataran rendah, kawasan hutan, dan lahan subur yang luas. Di semenanjung malaysia terdapat pegunungan dengan puncak tertingginya adalah gunung tahan yang mencapai 2.190 meter diatas permukaan air laut. Wilayah timur negara Malaysia terletak di wilayah sebelah utara Kalimantan yang terdiri atas dua negara bagian, yaitu Serawak dan Sabah. Di wilayah bagian timur, kenampakan alamnya berupa daerah rawa pesisir pantai, daerah perbukitan dan lembah berhutan, serta pegunungan di pedalaman. Di wilayah ini terdapat pegunungan dengan puncak tertinggi, yaitu Gunung Kinabalu 4.101 m.
1.      Brunei Darussalam
a.      Kenampakan Alam
Brunei Darussalam terletak di Kalimantan Utara. Luas wilayahnya hanya  5.765 km2. Negara Brunei Darussalam dibagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Brunei Darussalam memiliki dataran rendah, rawa-rawa, dan semakin ke pedalaman tampak serangkaian perbukitan. Gunung yang tertinggi ialah Gunung Pagon yang mempunyai ketinggian 1.850 meter di atas permukaan laut. Sungai Belait merupakan sungai terpanjang di negara ini yang mengalir di dekat wilayah perbatasan bagian barat. Sedangkan sekitar 80% lahan daratan ditutupi oleh hutan hujan tropis.
b.      Keadaan Sosial
Brunei Darussalam adalah suatu negara kesultanan dengan ibu kota Bandar Seri Begawan. Brunei Darussalam telah memerdekakan diri dari penjajahan Kerajaan Inggris pada tahun 1983. Kepala negara Brunei Darussalam adalah sultan dan kepala pemerintahannya juga sultan. Jumlah penduduk Brunei Darussalam sekitar 333.000 jiwa. Sebagian besar penduduknya adalah orang Melayu. Penduduk lainnya adalah orang Cina dan India. Bahasa kebangsaan Brunei Darussalam adalah bahasa Melayu dan agama yang ditetapkan sebagai agama resmi adalah agamaIslam. Brunei Darussalam terkenal sebagai pengekspor minyak mentah, gas alam, dan produk minyak. Brunei Darussalam mengimpor produk-produk mesin, mobil, barang elektronik, beras, dan gula.
2.      Singapura
a.      Kenampakan Alam
Singapura terdiri atas pulau-pulau kecil yang luasnya hanya 660 km2, lebih kecil daripada Brunei Darussalam. Letak Singapura yang strategis sangat menguntungkan. Singapura merupakan dataran rendah yang rata dan sisanya adalah beberapa bukit kecil. Sungai-sungai di Singapura pada umumnya pendek-pendek dan bermata air dari daerah perbukitan. Sungai-sungai tersebut di antaranya Sungai Kranji, Sungai Kallang, Sungai Sangon, dan Sungai Jurung.
b.      Keadaan Sosial
Singapura adalah sebuah negara republik dengan ibu kota Singapura. Pada tahun 1959, Singapura memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. Kepala negara Singapura adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Jumlah penduduk Singapura 3.567.000 jiwa dan terdiri atas berbagai macam ras, antara lain keturunan Cina, Melayu, India, Pakistan, Sri Lanka, dan Bangladesh. Bahasa resmi Singapura adalah bahasa Inggris. Selain itu bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu, Cina, dan Tamil. Rakyat Singapura hidup dari hasil perdagangan dan perindustrian. Dari hasil industrinya, Singapura dapat mengekspor mesin dan alat transportasi, barang-barang konsumsi, bahan kimia,dan produk olahan minyak. Adapun bahan mentah untuk keperluan industri dan bahan bakar minyak diperoleh dari impor. Letak Singapura yang strategis ini menyebabkan pelabuhan laut dan pelabuhan udara Singapura termasuk pelabuhan sibuk yang disinggahi banyak kapal laut dan pesawat udara. Oleh karenanya banyak devisa yang dihasilkan. Singapura termasuk negara Asia Tenggara yang berpendapatan paling tinggi.
3.      Thailand
a.      Kenampakan Alam
Luas negara Thailand adalah 513.115 km2 dan dapat dibedakan atas empat wilayah sebagai berikut.
1)      Dataran rendah di bagian tengah, yang dialiri oleh Sungai Chao Phraya     dan merupakan daerah yang subur.
2)      Daerah pegunungan di bagian utara dan barat dengan puncak tertinggi Gunung Doi Inthanon setinggi 2.594 meter.
3)      Pegunungan Plato merupakan pegunungan kapur di bagian timur.
4)      Semenanjung Muangthai Selatan.
b.      Keadaan Sosial
Thailand adalah negara kerajaan dengan ibu kota Bangkok. Thailand merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah negara Eropa. Kepala negara Thailand adalah raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Penduduk Thailand berjumlah 60.607.000 jiwa. Sebagian besar adalah penduduk asli Thailand dan sebagian kecil adalah keturunan Cina, Melayu, dan India. Sebagian besar penduduk Thailand menganut agama Buddha. Sebagian kecil penduduk Thailand yang beragama Islam, yaitu penduduk di daerah perbatasan Malaysia. Ada juga penduduk yang beragama Kristen dan Kong Fu Tse. Adapun bahasa yang ditetapkan sebagai bahasa kebangsaan Thailand adalah bahasa Thai.
Mata pencaharian penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan,dan industri. Pertaniannya menghasilkan padi, jagung, ubikayu, petai, karet, lada, teh, tembakau, dan kapas. Hutannya menghasilkan kayu jati. Hasil buah-buahan Thailand terkenal unggul dan bermutu, seperti durian montong, pepaya bangkok, dan melon bangkok. Pertambangannya menghasilkan timah dan mangan. Industrinya menghasilkan tekstil,  semen, karung, dan barang elektronik. Barang yang diimpor Thailand adalah minyak bumi, mesin, dan mobil. Selain pertanian dan industri, Thailand juga terkenal dengan industri pariwisatanya yang merupakan penghasilan utama negara terbesar.
4.    Filipina
a.    Kenampakan Alam
  Filipina merupakan negara kepulauan yang terdiri atas 7.107 pulau yang luas wilayah daratannya 300.076 km2. Pulau-pulau yang besar ialah Mindanao di selatan dan Luzon di utara. Filipina memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif di antaranya Gunung Pinatubo di Pulau Luzon. Puncak gunung tertinggi yang ada di Pulau Mindanao ialah Gunung Apose tinggi 954 meter dan yang ada di Pulau Luzon ialah Gunung Mayon setinggi 2.421 meter. Sebelah tenggara kepulauan Filipina terdapat palung yang dalamnya 10.000 meter, yaitu Palung Mindanao. Karena letak Kepulauan Filipina pada Pegunungan Sirkum Pasifik bersifat vulkanis dan dekat Palung Mindanao yang dalam, maka Kepulauan Filipina sering terganggu oleh goncangan gempa bumi.
b.        Keadaan Sosial
     Filipina adalah sebuah negara yang berbentuk republik dengan ibu    kota Manila. Filipina merdeka dari penjajahan Amerika Serikat pada tahun 1946. Kepala negara Filipina adalah presiden dan kepala pemerintahannya juga presiden. Penduduk Filipina berjumlah 76.499.000 jiwa. Nenek moyang mereka adalah orang Melayu. Mereka telah bercampur dengan orang Eropa, Cina, dan India. Salah satu bahasa aslinya adalah bahasa Filipina atau Tagalog yang ditetapkan sebagai bahasa kebangsaan. Sampai sekarang bahasa Inggris masih dipergunakan dalam urusan pemerintahan. Sebagian besar penduduk Filipina menganut agama Katolik. Agama Islam dianut oleh sebagian penduduk Filipina di bagian selatan.
     Mata pencaharian penduduk Filipina adalah pertanian, pertambangan, dan industri. Pertanian menghasilkan padi, kelapa, serat abaca, nanas, tembakau, dan gula. Pertambangannya menghasilkan kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, dan minyak bumi. Komoditi ekspor Filipina terdiri atas gula, kopra, kayu, nanas, bijih tembaga. Filipina mengimpor mesin, mobil, dan bahan makanan dari negara lain.
5.      Vietnam
a.      Kenampakan Alam
Wilayah Vietnam luasnya 331.041 km2 meliputi seluruh pantai timur.Disebelah utara berbatasan dengan Cina, disebelah barat berbatasan dengan Laos dan Kamboja, di sebelah selatan dan timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Teluk Tonkin. Wilayah barat laut Vietnam merupakan daerah pegunungan. Fan Si Pan yang memiliki ketinggian 3.142 meter merupakan puncak tertinggi di negara ini. Wilayah Vietnam didominasi oleh dataran tinggi dan sebagian besar lereng pegunungan ditutupi hutan. Sedangkan bagian timur wilayah ini merupakan dataran pantai yang panjang.
b.      Keadaan Sosial
Vietnam adalah sebuah negara berbentuk republik sosialis. Sebelum merdeka tahun 1954, Vietnam dahulu dijajah oleh
Prancis. Kepala negaranya adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi. Penduduk Vietnam berjumlah 79.832.000 jiwa, yang terdiri atas 80% penduduk asli Vietnam. Selebihnya golongan minoritas yaitu Cina, Campa, Thai, Meo, Muong, Nung, Lolos, dan Khmer. Penduduk Vietnam menganut agama Buddha, Konghucu, dan Taoisme. Hanya penduduk Vietnam Selatan yang beragama Katolik Roma. Ada beberapa kelompok kecil keagamaan yaitu Hoa-Hoa (Buddhisme) dan Cao Dai (perpaduan antara Taoisme dan Buddhisme). Bahasa resmi yang digunakan penduduk Vietnam adalah bahasa Vietnam. Bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Prancis, Cina, Inggris, dan Khmer.
Perekonomian sebagian besar penduduk Vietnam adalah pertanian. Padi merupakan hasil utama pertanian di Vietnam. Disamping padi, hasil pertanian yang lainnya adalah kayu, kelapa, tebu, ubi jalar, teh, tembakau, karet, ubi kayu, dan buah-buahan. Industri di Vietnam meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca, dan ban. Pertambangan di Vietnam menghasilkan emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, tungsten (wolfram), dan seng. Hasil hutannya adalah bambu, kina, kayu, dan kayu manis.
6.      Kamboja
a.      Kenampakan Alam
Negara ini terletak di Asia Tenggara, berbatasan dengan Thailand di sebelah barat dan Laos di utara. Di sebelah timur berbatasan dengan Vietnam, sedangkan sebelah selatan Laut Cina Selatan. Luas Kamboja yaitu 181.035 km2. Wilayah bagian tengah Kamboja adalah sebuah basin atau cekungan yang dikelilingi oleh dataran yang luas. Wilayah Kamboja dialiri oleh Sungai Mekong yang merupakan sungai terpanjang di negara ini. Sebelah tenggara cekungan terdapat delta Sungai Mekong, sedangkan di sebelah utara dan barat daya cekungan terdapat beberapa rangkaian pegunungan. Di bagian timur Kamboja berupa dataran tinggi.
b.      Keadaan Sosial
Bentuk pemerintahan negara Kamboja adalah kerajaan. Negara dipimpin oleh raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Kamboja memiliki lima pemerintahan lokal dengan ibu kota Phnom Penh. Kamboja pernah dijajah oleh Prancis, lalu merdeka pada 17 April 1953. Kamboja adalah negara yang sejak tahun 1970 dirundung malang, dan porak poranda karena kudeta. Pada tanggal 18 Maret 1970, sewaktu Pangeran Sihanouk pergi ke luar negeri, keponakannya Pangeran Sisowath Sirik Matak bersama Lon Nol melakukan kudeta. Semenjak itu kemelut semakin besar dinegara Kamboja. Bahasa resmi penduduk Kamboja adalah bahasa Khmer. Bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Prancis, sebagian besar penduduk beragama Buddha. Jumlah penduduk negara ini 11.168.000 jiwa.
Sebagian besar penghidupan penduduknya di sektor pertanian. Hasil pertanian di Kamboja adalah beras, jagung, merica, tembakau, kapas, gula aren, dan lain sebagainya. Sedangkan hasil tambangnya adalah besi, tembaga, mangan, dan emas. Hasil industri Kamboja adalah tekstil, kertas, plywood, dan minyak.
7.      Myanmar
a.      kenampakan Alam
Mempunyai perbatasan dengan Bangladesh, India, Laos, Cina, dan Thailand. Luas wilayahnya cukup besar yaitu 676.577 km2. Wilayah Myanmar berupa gunung-gunung dengan rangkaian pegunungan raksasa. Di bagian barat terdapat Hkakado Razi setinggi 5.881 meter yang merupakan puncak gunung tertinggi di Asia Tenggara. Sebagian besar wilayah dataran rendah adalah lembah dan delta Sungai Chirdwin dan Irawadi. Sungai Irawadi adalah sungai utama yang berhulu di Tibet.
b.      Keadaan Sosial
Myanmar merupakan negara republik dengan kepala negara seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahanseorangperdana menteri. Myanmar merdeka pada 4 Januari 1948. Myanmar memiliki tujuh negara bagian dan tujuh divisi. Ibu kotanegara Myanmar adalah Yangoon. Penduduk di negara Myanmar berjumlah 45.611.000 jiwa. Bahasa resmi penduduk Myanmar adalah bahasa Myanmar. Bahasa lain adalah bahasa Inggris. Sebagian besar penduduk beragama Buddha. Myanmar merupakan negara yang cukup tinggi tingkat penghasilannya. Pendapatan per kapita nasionalnya mencapai sekitar US $ 750. Hasil pertanian di Myanmar adalah beras, gula pasir, jagung, dan kacang-kacangan. Sumber penghasilan lain dari sumber daya alam adalah minyak bumi, tembaga, perak, kaleng, dan batu-batuan.
8.      Laos.
a.      Kenampakan Alam
Laos adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang terjepit dan tidak punya wilayah laut. Laos berada disebelah barat Vietnam, batas sebelah utara adalah Cina. Negara tetangga lain adalah Thailand di sebelah selatan dan Myanmar dibarat laut. Luas wilayah Laos adalah 236.800 km2. Sekitar 70% wilayah Laos berbentuk pegunungan dan terdapat Gunung Biase tinggi 2.819 meter yang merupakan gunung tertinggi di negara ini. Sekitar 55 persen wilayah ini ditutupi oleh berbagai jenis hutan, yaitu hutan hujan tropis, hutan bambu, dan hutan yang tercampur dengan vegetasi tropis.
b.      Keadaan Sosial
Laos merupakan negara yang berbentuk republik dengan kepala negara presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri. Nama aslinya dahulu adalah Sataranalat Pasatepatay Passon Lao. Laos termasuk salah satu negara termiskin di dunia. Laos merupakan negara urutan kesepuluh dari bawah dilihat dari besarnya pendapatannya. Pendapatan per kapita Laos hanyaUS$ 250. Jumlah penduduknya 5.433.000 jiwa. Rakyatnya hidup di sektor pertanian yang menghasilkan beras, jagung, tembakau, jeruk, dan kopi. Sebagian penduduk hidup dengan cara ilegal dengan menanam ganja. Hasil alam lainnya timah dan kayu. Industri di Laos masih terbatas pada pengolahan kayu. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Lao. Bahasa lain yang digunakan adalah bahasa Inggris dan Prancis. Sebagian besar penduduk Laos beragama Buddha.
9.      Timor Leste
a.      Kenampakan Alam
Negara tetangga berikutnya adalah Timor Leste atau Timor Lorosae. Negara ini terletak di sebelah timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Negara ini sebelumnya menjadi provinsi di Republik Indonesia yaitu Timor Timur. Luas wilayah negara ini 14.874 km2. Sebagian besar bentang alam Timor Leste berbentuk pegunungan. Daerah pantai di bagian utara bergunung-gunung sedangkan bagian selatan berupa dataran pantai yang luas yang terdiri dari delta sungai dan rawa-rawa bakau.
b.      Keadaan Sosial
Timor Leste atau Timor Lorosae merupakan negara republik yang belum lama merdeka. Negara ini melepaskan diri dari Republik Indonesia, sebagai provinsi ke-27 pada tahun 1999. Presiden pertamanya Xanana Gusmao. Sebelum bergabung dengan Indonesia, Timor Leste berada di bawah jajahan Portugal selama berabad-abad. Penduduk Timor Leste sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Secara ekonomi kehidupan penduduknya mulai membaik setelah bergabung dengan Indonesia, meskipun demikian Timor Leste termasuk negara miskin karena hampir tidak punya sumber daya alam dan sumber daya manusianya masih rendah atau kebanyakan rakyatnya masih belum terpelajar. Jumlah penduduknya 885.000 jiwa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan Portugal. Sebagian besar penduduk Timor Leste beragama Katolik.
10.  Papua Nugini
a.      Kenampakan Alam
Papua Nugini terletak di Pulau Papua bagian timur yang berbatasan dengan Provinsi Papua, Indonesia. Papua Nugini terletak antara garis lintang 1o LS – 12o LS dan garis bujur 141o BT – 157o BT. Wilayah Papua Nugini mempunyai luas sekitar 461.693 km2. Batas negara Papua Nugini sebelah utara adalah Samudra Pasifik, sebelah selatan adalah Selat Torres dan Laut Koral, sebelah barat adalah Provinsi Papua (Indonesia), dan sebelah timur adalah Samudra Pasifik.
b.      Ke            adaan Sosial
Papua Nugini merupakan negara Republik dengan ibu kota negara  adalah Port Moresby. Bahasa resmi yang digunakan adalah
bahasa Inggris dan bahasa Papua. Bahasa lain adalah bahasa Pijin Melanesia. Berikut tabel keadaan alam dan sosial negara-negara tetangga

B.       KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI DUNIA
1.    Negara Jepang
a.    Keadaan alam
Negara jepang yang terletak di kawasan asia timur merupakan negara kepulauan. Luas wilayahnya mencapai 377.835 km2. Wilayah jepang berbukit-bukit dan banyak terdapat pegunungan. Salah satu gunung yang dianggap keramat di jepang adalah gunung fuji.
b.    Kegiatan perekonomian
Penduduk jepang terkenal sebagai pekerja keras. Itulah sebabnya jepang berhasil mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju. Berbagai macam barang, seperti barang-barang elektronika, peralatan komunikasi, peralatan transportasi, dan sebagainya diproduksin oleh jepang.
     Dalam hal pertanian  jepang juga menerapkan teknologi tinggi. Para petani jepang dapat mengolah lahan pertaniuannya yang sempit dengan baik. Berbagai hasil pertanian separti beras, gandum, sayur mayur, buah-buahan dihasilkan secara melimpah.
a.    Bentuk pemerintahan
Jepang adalah suatu negara yang berbentuk kekaisaran. Kepala negara jepang adalah seorang kaisar, sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Ibukota negara jepang terletak di tokyo. Bendera jepang adalah hinomari, sedangkan lagu kebangsaannya adalah kimigayo. Sebagian besar penduduk jepang menganut agama shinto, tetapi sebagaian penduduk lainnya menganut agama budha, islam, dan kristen.
2.    Cina
a.    Keadaan alam
Negara cina terletak dikawasan asia timur. Luas wilayahnyan 9.596.961 km2. Diwilayah tersebut terdapat dua pegunungan yaitu pegunungan kwan lun dan pegunungan himalaya. Di cina juga terdapat banyak sungai. Cina memiliki tiga iklim yaitu iklim sub tropis, tropis, dan muson.
b.   Kegiatan ekonmi
Saat ini cina tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor satu didunia. Pada tahun 2002 jumlah penduduk cina mencapai 1.273.111.290 jiwa. Mata pencaharian utama penduduk cina adalah pertanian. Selain pertanian penduduk cina juga bekerja pada sektor pertambangan dan perindustrian.
c.    Bentuk pemerintahan
Bentuk pemerintahan cina adalah republik. Kepala negaranya adalah seorang presiden,sedangkan kepala pemeintahannya adalah seorang perdana menteri. Ibukota negara cina berada di Beijing. Mata uangnya afalah yuan. Negara cina banyak memiliki bangunan peninggalan sejarah seperti tembok rahsasa atau great wall.

3.    Negara India
a.    Keadaan alam
India merupakan negara yang terletak di kawasan asia selatan. Lus wilayahnya mencapai 3.287.591 km2. Disebelah utara india tedapat pegunungan himalaya yang merupakan pegunungan tertinggi di dunia dengan puncak tertingginya adalah gauri sangkar (mount everest). Di india terdapat beberapa sungai yang terkenal yaitu sungai indus, sungai gangga, sungai yamuna, dan sungai brama putra. Sebagai negara besar india banyak memiliki bekas-bekas bangunan peninggalan sejarah. Diantaranya adalah taj mahal yang berada di kota agra.

b.   Keadaan ekonomi
Saat ini india merupakan negara terbesar penduduknya setelah cina dan amerika. Pad tahun 2002 jumlah penduduknya mencapai 1.020.999.145 jiwa. Sebagian besar penduduk india bekerja dalam bidang pertanian, perindustrian, seperti industri lokomatif, industri peralatan militer dan sebagainya.
c.    Bentuk pemerintahan
India merupakan negara yang berbentuk republik. Kepala negara india adalah seorang persiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Ibukota india terletak di kota new Delhi. Mata uang yang digunakan adalah rupee.
4.    Negara Mesir
a.    Keadaan alam
Mesir terletak di kawasan afrika utara. luas wilyah mesir mencapai 997.739 km2. Wilayah mesir dialiri sungai yang sangat terkenal, yakni sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Di mesir banyak ditemukan bangunan-bangunan konu seperti spinx, piramida, dan obelisk. Di mesir juga terdapat terusan suez yang menghubungkan antara laut merah dan laut tengah.
b.   Kegiatan perekonomian
Mata pencaharian utama penduduk mesir adalah bertani. Para petani mesir pada umumnya tinggal di daerah lem bah sungai Nil yang subur. Adapun hasil pertanian yang terkenal di mesir adalah gandum, jagung, kentang, kacang tanah, sayur mayur, buah-buahan dan kapas.
c.    Bentuk pemerintahan
Mesir merupakan negara yang berbentuk republik. Kepala negara mesir adalah seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Ibukota mesir adalah kairo. Mata uang yang dipergunakan adalah pound.
5.    Negara Aljazair
a.    Keadaan alam
Aljazair merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan afrika utara. Luas wilayah aljazair mencapai 2.381.751 km2. Wilayah tersebut sebagian besar berupa gurun, pegunungan dan daerah aliran sungai.
b.   Kegiatan ekonomi
Pada tahun 2002 jumlah penduduk aljazair mencapai 31.736.053 jiwa. Sebagian besar diantaranya bekerja sebagai petani. Adapun hasil pertanian yang terkenal di aljazair adalah gandum, kurma, jeruk, anggur, zaitun dan sayur mayur. Sebagian penduduk mesir lainnya bekerja pada sektor perdagangan dan jasa.
c.    Bentuk pemerintahan
Aljazair merupakan sebuah negara yang berbentuk republik. Kepala negaranya aalah seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Ibu kotanya adalah aljier. Mata uang yang digunakan adalah dinar aljazair.
6.    Republuk Afrika Selatan
a.    Keadaan alam
Republik Afrika Selatan merupakan sebuah negara yang terletak di ujung selatan benua afrika. Luas wilayahnya mencapai 1.341.100 km2. Di bagian timur dan selatan negara ini banyak terdapat oegunungan dan lembah.
b.   Kegiatan ekonomi
Pada tahun 2002 jumlah penduduknya mencapai 43.586.097 jiwa. Pada umumnya penduduk republik afrika selatan bekerja disektor pertanian dan pertambangan. Negara ini merupakan negara penghasil emas terbesar di seluruh dunia.
c.    Bentuk pemerintahan
Republik Afrika Selatan merupakan sebuah negara yang berbentuk republik. Dengan ibu kotanya di pretoria. Kepala negaranya adalah seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri.
7.    Negara inggris
a.     keadaan alam
Inggris merupakan negara kepulauan yang terpisah dari daratan benua Eropa. Luas wilayahnya mencapai 244.110 km2 terdiri dari ua pulau besar, yakni pulau Britania dan pulau Irlandia bagian utara. Di inggris juga terdapat sungai thames yang membelah kota london. Beberapa pegunungn yang terdapat di inggris antara lain di skotlandia dan di wales.
b.   Keadaan ekonomi
Pada tahun 2002 jumlah penduduk inggris mencapai 59.647.790 jiwa. Sebagian penduduknya bekerja dalam bidang pertanian dan peternakan. Semantara yang lain bekerja dlam bidang pertambangan dan perindustrian. Hasil pertanian yang terkenal dari inggris antara lain gandum, kentang, buah-buahan dan sayur mayur. Hasil peternakan di inggris adalah daging, susu dan wol.
c.    Bentuk pemerintahan
Inggris merupakan negara yang berbentuk kerajaan. Kepala negara inggris  adalah seorang raja, sedang kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Ibukota inggris berada di london. Sedangkan mata uang yang di pakai adalah pounds sterling.
8.    Negara Perancis
a.    Keadaan alam
Negara perancis terletak di kawasan eropa barat. Wilayahnya mencapai 543.965 km2. Wilayah tersebut terdiri dari dua bagian yaitu dataran tinggi dan dataran rendah. Di perancis terdapat kota paris yang terkenal sebagai kota mode. Para petani perancis juga menghasilkan anggur yang terkenal di dunia. selain itu, jiga terdapat menara Eiffel yang sangat terkenal.
     Pada tahun 2002 jumlah penduduk perancis mencapai 59.551.227 jiwa. Penduduk perancis bekerja dalam bidang pertanian, pertambangan, perdagangan, dan perindustrian.
b.   Bentuk negara
Perancis merupakan sebuah negara yang berbentuk republik. Kepala negara perancis adalah seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Ibu kota negara perancis adalah paris. Mata uang yang di gunakan adalah france.
9.    Negara Amerika Serikat
a.    Keadaan alam
Negara amerika serikat terletak di kawasan amerika utara. Wilayah negara amerika serikat mencapai 9.529.063 km2. Keadaan alam amerika serikat di bedakan menjadi tiga bagian. Pertama, bagian timur yang berupa pegunungan. Kedua, bagain tengah yang berupa dataran rendah. Ketiga, bagian barat yang berbatasan dengan samudera fasifik. Di amerika serikat terdapat air terjun niagara yang sangat terkenal senagai objek wisata.
b.   Keadaan ekonomi
Amerika serikat merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua setelah cina. Pada tahun 2002 jumlah penduduknya 1.180.528.881 jiwa. Amerika serikat merupakan negara yang sangat maju karena didukung oleh penemuan-penemuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
c.    Bentuk pemerintahan
Amerika serikat merupakan sebuah negara yang berbentuk republik. Kepala negara dan kepala pemerintahan amerika serikat adalah seorang pesiden. Ibukota negara amerika serikat adalah washington D.C. mata uang yang digunakan adalah dollar amerika. Pada saat ini amerika serikat merupakan satu-satunya negara adidaya(super power) di dunia.


10.     Negara Kanada
a.    Keadaan alam
Kanada mnerupakan negara yang berbatasan langsung dengan amerika serikat. Wilayah kanada juga banyak memiliki pegunungan, danau, dan sungai.
b.   Kegiatan ekonomi
Pada tahun 2002 jumlah penduduk kanada mencapai 31.592.805 jiwa. Mata pencaharian penduduk kanada bermacam-macam, seperti pertanian, peternakan, perikanan, perindustrian, pertambangan dan perdagangan.
c.    Bentuk pemerintahan
Kanada merupakan salah satu negara persemakmuran inggris. Kepala negara kanad adalah ratu inggris, sedangkan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Ibukota negara kanada berada di kota otawwa, sedang mata uang yang di pakai adalah dollar kanada.
11.     Negara Australia
a.    Keadaan alam
Keadaan alam australia dapat di kelompokkan menjadi tiga bagian. Pertama, australia bagian barat dan tengah terdapat gurun. Kedua,australia bagian timur terdapat pegunungan. Ketiga, australia bagian tengah terdapat lembah-lembah.
b.   Keadaan ekonomi
Pada tahun 2002 jumlah penduduk australia mencapai 19.357.595 jiwa. Penduduk asli australia adalah suku aborigin. Pada umumnya penduduk australia  bekerja dalam bidang pertanian, peternakan, pertambangan dan perindustrian.
c.    Bentuk negara
Australia merupakan salah satu negara persemaknuran inggris. Kepala negara australia dalah ratu inggris, sedangkankepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Matra uang yang dipergunakan adalah dollar australia.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
          Jadi dari pembahasan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara adalah Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, dan Myanmar. Secara umum negara-nregara dikawasan Asia Tenggara memiliki iklim yang sama, yakni tropis. Sebagai kawasan yang beriklim tropis, negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki kesamaan dalam hal kondisi geografis, flora dan fauna.
            Negara besar adalah negara yang telah berhasil mencapai kemajuan, baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik, pendidikan, kebudayaan, pertahanan dan keamanan, ilmu pengetahuan dan teknologi dan sebagainya.
            Kenampakan alam didunia merupakan kenampakan alam yang khas, yakni yang tidak terdapat di tempat lainnya. Kenampakan alam yang di maksud dapat berupa pegunungan, gurun, sungai, danau, selat, air terjun, teluk, laut, samudera, maupun pulau. Selain itu, beberapa negara di dunia memiliki kenampakan buatan berupa bangunan yang khas, yang tidak terdapat di negara lainnya separti candi Borobudur di Indonesia, Taj Mahal di India, Piramida di Mesir, Tembok Raksasa (The Great Wall) di Cina, Bendungan Aswan di Mesir, Jembatan Akashi Strait di Jepang, Gedung CN Tower di Amerika,Menara Eiffel di Perancis, dan lain-lain.




·           1
·           2DAFTAR PUSTAKA
Arif, Muhammad. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
·            
·            
·            
·           3
·           4
·           5


2 komentar: