Rabu, 11 Januari 2012

contoh RPP SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Madrasah          : SDN Barabai Utara
Mata Pelajaran            : Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester           : 3 ( Tiga )/ I (satu)
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi   : Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda, dan  kegunaannya dalam kehidupannya sehari-hari.
Kompetensi Dasar       : Memahami sifat-sifat benda berdasarkan wujudnya
                                      Memahami perubahan sifat benda
                                      Memahami kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari


Indikator         : 1. Membedakan sifat benda berdasarkan wujudnya
2. Menjelaskan perubahan sifat benda
3.  Menyebutkan kegunaan berbagai benda
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu membedakan sifat benda berdasarkan wujudnya.
2. Siswa mampu menjelaskan perubahan sifat benda.
3. Siswa mampu menyebutkan kegunaan berbagai benda.
II. Materi Pebelajaran
1.      Membedakan sifat benda berdasarkan wujudnya
a.       Sifat Benda Padat
Benda-benda seperti buku, pensil, penghapus, meja dan kursi berwujud benda padat. Jika kamu letakkan benda padat kedalam suatu wadah, bentuk dan ukuran benda tetap seperti sediakala. Bentuk dan ukurannya benda padat itu tiidak berubah walaupun dipindah-pindahkan. Benda padat memiliki ciri-ciri yang membedakannya antara lain bentuk dan warna benda. Selain itu, saat diraba, permukaan  benda padat ada yang kasar dan ada yang halus.
b.      Sifat Benda Cair
Bentuk benda cair tidak tetap, bentuknya mengikuti bentuk wadahnya. Jika benda cair tidak berada di dalam wadah, benda cair akan mengalir ketempat yang lebih rendah. Benda cair dapat mengalir. Inilah sifat benda cair lainnya yang membedakannya dengan benda padat. Benda cair memiliki kekentalan yang beragam. Air sangat encer.
Saat dirasakan di kulit, benda cair juga menunjukkan sifat yang berbeda, misalkan kecap manis, sabun cair, atau minyak goreng.
c.       Sifat Benda Gas
Benda gas biasanya sulit untuk dilihat. Akan tetapi, benda gas dapat dirasakan. Angin yang bertiup dan udara yang dihirup adalah benda gas. Seperti benda padat dan benda cair, benda gas juga bermacam-macam. Akan tetapi, benda gas tidak mudah untuk diamati. Banyak benda gas tidak berwarna dan tidak berbau sehingga kehadirannya tidak diketahui.
2.      Menjelaskan Perubahan Sifat Benda
a.       Perubahan sifat benda karena dibakar
Benda yang dibakar akan mengalami perubahan sifat. Sifat  yang mudah diamati antara lain warna, bentuk, ukuran dan bau. Khususnya makanan, terjadi juga perubahan rasa. Ada beberapa benda yang jika di bakar seakan hilang, misalnya berbagai jenis bahan bakar, batubara, minyak tanah dan bensin jika terbakar tidak menyisakan onggokan arang. Sebenarnya bahan bakar itu tidak hilang, tetapi mengalami perubahan wujud. Jika di bakar, bahan bakar berubah wujud menjadi benda gas.
b.      Perubahan sifat benda karena dipanaskan
Salah satu contoh perubahan benda karena dipanaskan adalah cokelat. Dalam keadaan dingin, cokelat biasanya padat dan cukup keras. Akan tetapi, cokelat mencair jika dipanaskan. Pada saat itu, sifatnya berubah menjadi seperti sifat benda cair. Selain cokelat perubahan sifat ini juga bisa dilihat pada margarin.
c.       Perubahan sifat benda karena diletakkan di udara terbuka.
Dalam keadaan sangat dingin, air akan membeku. Salah satu contohnya adalah es batu. Akan tetapi, jika es tidak berada di tempat yang dingin, maka e situ mencair. Es batu yang semula bersifat seperti benda padat, berubah menjadi air dan bersifat seperti benda  cair. Dan pernahkah kamu memperhatikan kamper atau kapur barus, misalnya yang diletakkan di kamar mandi? Makin lama, ukuran kamper makin mengecil. Selain itu, bentuk kamper dapat berubah. Hal ini dapat terjadi karena tidak semua bagian kamper berubah secara bersamaan. Akhirnya setelah beberapa hari, kamper itu hilang.
Sesungguhnya kamper telah mengalami perubahan wujud dari benda padat menjadi benda gas. Itulah sebabnya, kamar mandi menjadi harum jika kamper wangi di letakkan di situ.
3.      Kegunaan Berbagai Benda
a.       Kegunaan benda dari plastik
Benda-benda plastik di kamar mandi antara lain ember, sikat gigi dan tempat sabun. Kegunaan ember dan gayung untuk wadah atau penampung air. Kegunaan sikat gigi untuk membersihkan gigi. Kegunaan tempat sabun tentu saja untuk wadah sabun.
b.      Kegunaan benda dari kayu
Kayu digunakan untuk beragam benda, dari kayu berukuran kecil hingga kayu berukuran sangat besar. Dapat digunakan untuk membuat pensil atau yang lainnya. Kayu juga dimanfaatkn untuk membuat rumah dan kapal laut. Misalkan kegunaan lemari pakaian untuk menyimpan pakaian.
c.       Kegunaan benda dari kaca
Kaca mempunyai berbagai kelebihan. Kaca bersifat tembus pandang sehingga benda-benda dibelakangnya dapat terlihat. Permukaan kaca sangat licin sehingga mudah dibersihkan. Akan tetapi kaca punya kekurangan kaca mudah sekali pecah. Contohnya jendela yang terbuat dari kaca kegunaannya untuk jalan masuk cahaya matahari.
d.      Kegunaan benda dari kertas
Kertas merupakan bahan utama untuk membuat buku, Koran, dan majalah. Kegunaan Koran dan majalah adalah menyajikan berita dan cerita, karena terbuat dari kertas yang ringan Koran dan majalah mudah di bawa.
III. Metode dan Starategi Pembelajaran
1.       Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Demonstrasi
5.      Topical Review (Meninjau topik)
6.      Penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
§  Apersepsi, yaitu dengan menggunakan metode tanya jawab, guru mengingatkan kembali materi tedahulu yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
§  Pretest, yaitu guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
5 Menit
Tanya jawab
2.
Inti
§  Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan awal guru mengenai materi yang dipelajari
§  Menyajikan bahan atau benda untuk kegiatan yang akan dilakukan
§  Siswa dibagi menjadi tiga kelompok
§  Guru membimbing demonstrasi
§  Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi tentang materi yang disampaikan oleh guru
§  Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
30 Menit
Ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, topical review, slide
3.
Penutup
§  Menyimpulkan materi secara bersama-sama
§  Guru memberi PR.
5 Menit
Penjelasan
IV.  Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat
a.       Spidol
b.      Papan tulis
c.       LCD proyektor
d.      Bahan-bahan demonstrasi
2.      Sumber belajar
Buku Sains jilid 3 Kurikulum KTSP 2006, oleh  :  Hariyanto, Erlangga.
V. Penilaian
Penilaian proses dilakukan setelah atau selama berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas ataupun di luar kelas. Penilaian hasil dilakukan setelah berakhirnya kegiatan belajar mengajar dengan menilai aspek kognitif, berupa pertanyaan essay di rumah.
Soal-soal  :
1.      Ada tiga wujud benda, yaitu ...
2.      Tidak berubah bentuknya, meski diletakkan diberbagai wadah, adalah sifat benda ...
3.      Bentuk penghapus pensil jika diletakkan kedalam toples akan berbentuk seperti ...
4.      Benda ... membutuhkan wadah karena jika tidak diberi wadah benda ini akan mengalir.
5.      Jika dipanaskan, mentega dapat berubah wujud dari padat menjadi ...
Jawab :
1.      Padat, cair dan gas
2.      Sifat benda padat
3.      Penghapus pensil
4.      Cair
5.      Cair




Pedoman Skor Nilai
No.
Soal
Skor
1.
Ada tiga wujud benda, yaitu ...
20
2.
Tidak berubah bentuknya, meski diletakkan diberbagai wadah, adalah sifat benda ...
20
3.
Bentuk penghapus pensil jika diletakkan kedalam toples akan berbentuk seperti ...
20
4.
Benda ... membutuhkan wadah karena jika tidak diberi wadah benda ini akan mengalir
20
5.
Jika dipanaskan, mentega dapat berubah wujud dari padat menjadi ...
20

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100, adalah sebagai berikut :
Nilai akhir = Perolehan Skor  x Skor deal (100)
        Skor Maksimum

                       



Barabai, 7 Desember 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah



Guru Mata Pelajaran
Drs. Ahmad Baihaki
NIP. 19660622 199403 1 003
Yati, S.Pd.I
NIP. 0901290 1234 2 011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar